Yesss...
Finallly saya dipanggil kerja tanggal 22 Nov 2016.
Sangat beruntung dapat di Kantor Cabang Bogor Cileungsi. Karna saya punya kaka kandung dekat kantor.
Finallly saya dipanggil kerja tanggal 22 Nov 2016.
Sangat beruntung dapat di Kantor Cabang Bogor Cileungsi. Karna saya punya kaka kandung dekat kantor.
So ga pusing mikirin kost2 an...
Keluarga sangat begitu senang dan bersyukur bahwa harapan dan doa saya selalu terjawab. Selalu diberikan yang terbaik bahkan diluar dari perkiraan saya.
Singkat cerita Setelah berbekal doa dan harapan serta nasihat dari bapak dan ibu tersayang saya berangkat dari medan menuju lokasi penempatan, saya menghubungi Kabid Umum dan SDM, untuk kontaknya memang sudah di cantumkan ketika notifikasi diterbitkan pihak panitia.
Tanggal 22 November 2016 hari pertama saya masuk ke kantor, asli datangnya kepagian. Belum banyak orang datang, hanya OB saja yang sedang sibuk membersihkan meja kerja karyawan.
Tidak lupa senyum kemudian saya sapa mereka dan memperkenalkan. Diri, mereka sangat welcome dan ternyata mereka sudah tau saya akan datang, selang beberapa saat kemudian beberapa staf juga sudah mulai berdatangan, kemudian saya segera menjumpai Kabid Umum SDM ,
Ibu Sesnawati namanya orangnya humoris dan sangat ramah, ibu Sesna mengajak saya ikut morning briefing atau sering disebut Topas. Saya kemudian memperkenalkan diri, sambutan mereka semua sangat hangat dan suasana kekeluargaan yang hangat begitu terasa, tidak butuh waktu lama saya sudah mulai merasa nyaman dan adaptasi saya dilingkungan kerja yang baru
Berdasarkan pengumuman yang saya dapatkan dari notifikasi bahwa saya di rekomendasikan ke bagian pelayanan, saya kemudian di perkenalkan langsung kepada kepala bidang pelayanan dengan bapak Tri Pambudi Santoso kabid pelayanannya, orangnya asik dan sangat banyak menginspirasi saya dalam berbagai hal.
Kemudian saya di ajak berkeliling oleh Kabid saya kesemua staff untuk memperkenalkan diri ke seluruh staff satu persatu, terakhir kami masuk keruangan Kepala kantor cabang bapak Abdul Soleh.
Dari hasil pembicaraan antara kabid umum sdm beserta kabid pelayanan.bahwa dibidang pelayanan sesuai dengan jodesk saya sebagai penata madya pelayanan, saya di fungsikan dengan job desk sebagai penata madya pelayanan khususnya jaminan kecelakaan kerja, karna latar belakang pendidikan juga dari bidang medis.
Dari hasil pembicaraan antara kabid umum sdm beserta kabid pelayanan.bahwa dibidang pelayanan sesuai dengan jodesk saya sebagai penata madya pelayanan, saya di fungsikan dengan job desk sebagai penata madya pelayanan khususnya jaminan kecelakaan kerja, karna latar belakang pendidikan juga dari bidang medis.
Ya. Saya siap pak... Saya sangat antusias..
Tapi berhubung senior saya ibu Asri yang selama ini menjadi menghandle untuk jaminan kecelakaan kerja akan cuti untuk mengadakan perjalanan ibadah ke mekkah. Saya sementara di pindah posisikan menjadi customer servise... Sangat sedikit canggung dan kaku ketika berhadapan dengan peserta yang ingin melakukan klaim JHT nya.beruntung teman-teman CSO nya baik- baik, mereka mengajari dengan baik dan saya beserta 4 CSO ternyata masih anak OJT, so tak butuh waktu lama sudah cepat akrab..
Saya memperhatikan bagaimana mereka melayani peserta, dengan cekatan dan senyum terlukis diwajah mereka, melayani berbagai macam karakter peserta .
Hari pertama saya hanya menjadi pengamat belum terjun langsung.. Melayani peserta...
Hari pertama saya hanya menjadi pengamat belum terjun langsung.. Melayani peserta...
Note jam kerjanya jam 08:00 WIB s/d 17:00 WIB, khusus OJT kata senior gak boleh pulang Ontime musti banyak belajar..belajar semua hal, gak terfokus dibidang sendiri, harus bisa semua dilain sisi benar juga apa kata senior-senior. kalau dengar cerita teman sesama OJT dicabang lain ada yang sampai jam 24:00 Wib baru pulang.
Beruntungnya dikantor cabang saya, tidak demikian masih pulang wajarlah sekitar 18:00 WIB
Kabid saya hanya menyarankan saya untuk membaca semua Perdir, Peraturan Pemerintah tentang petunjuk teknis pelakasanaan ke 4 program BPJS TK. (JKK, JKM, JHT dan JP)
Katanya kabid saya sih musti baca berulang ulang sampai hapal. namun apadayaku saya apling susah menghapal tapi jangan ditanya kalau memahami sesuatu hal aku pasti bisa...
Katanya kabid saya sih musti baca berulang ulang sampai hapal. namun apadayaku saya apling susah menghapal tapi jangan ditanya kalau memahami sesuatu hal aku pasti bisa...
Hari berikutnya, saya tetap menjadi orang yang pertama sampai dikantor, saya langsung absen lewat fingger print. (Hari sebelumnya sudah di setting sama bagian umum). dihari kedua saya ditantang oleh Kabid untuk melayani peserta langsung, saya bertugas menjadi petugas DRO tugasnya simpel hanya memisahkan berkas asli dan fotokopi dari berkas pengajuan, serta mengecek keaslian dokumen klaim..
Namun sebagai pemula, rasanya saya masih canggung, dan asli saya membuat antrian hari itu berantakan, disamping belum cekatan, masih susah membedakan mana yang dokumen asli atau scan
( jangan heran ya banyak orang- orang yang rakus yang mencoba melakukan klaim fiktif), sehingga harus dipastikan kita bisa membedakan mana yang berkas yang layak untuk selanjutnya di beri antrian ke meja CS. melihat antrian yang akhirnya berantakan CS yang lain membantu saya, akhirnya saya di minta untuk melihat saja dan kerjaan sebagai DRO diambil alih oleh CS.
( jangan heran ya banyak orang- orang yang rakus yang mencoba melakukan klaim fiktif), sehingga harus dipastikan kita bisa membedakan mana yang berkas yang layak untuk selanjutnya di beri antrian ke meja CS. melihat antrian yang akhirnya berantakan CS yang lain membantu saya, akhirnya saya di minta untuk melihat saja dan kerjaan sebagai DRO diambil alih oleh CS.
Setelah semingggu berlalu, ibarat pisau semakin diasah semakin tajam, saya sudah mulai menguasai jobdesk diposisi ini., kemudian minggu kedua saya kembali ditantang menjadi CS oleh kabid saya.
Pengalaman menjadi CS jauh lebih berat dari pada hanya sekedar memisahkan berkas asli dan potokopian di DRO.
Berbekal pengamatan dan sesekali praktik menjadi cs diminggu sebelumnya. Saya mulai melayani peserta. Ternyata susah awalnya.. Namun saya tetap berusaha untuk menjadi CS yang saya mampu, walau dialeg medan saya terkadang sumbang dikuping dan sesekali saya liat rekan saya tersenyum mungkin saya lucu kali yaa...
Berbekal pengamatan dan sesekali praktik menjadi cs diminggu sebelumnya. Saya mulai melayani peserta. Ternyata susah awalnya.. Namun saya tetap berusaha untuk menjadi CS yang saya mampu, walau dialeg medan saya terkadang sumbang dikuping dan sesekali saya liat rekan saya tersenyum mungkin saya lucu kali yaa...
Setelah melakukan pengecekan data secara fisik dan melalui sistem SIJSTK . saya kemudian melakukan tanya jawab dengan peserta dengan menanyakan beberapa pertanyaan, kalau dirasa sudah cocok dan benar kemudian melakukan agenda jaminan JHT pesertanya. Untuk selanjutnya berkas akan di verifikasi penata madya pelayanan atau sering disebut verifikator jaminan di back office. ..
Seminggu berlalu banyak pengalaman dan cerita-cerita yang sudah saya hadapi...
Seminggu berlalu banyak pengalaman dan cerita-cerita yang sudah saya hadapi...
diminggu ke tiga, kabid saya mulai sering bertanya tentang kasus kasus yg saya temui dan saya ditanya bagaimana problem solving dengan kasus-kasus yang saya temui ketika menjadi petugas sebagai customer servise.
Tanpa terasa hari berlalu dan berbagai pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan dari rekan kerja. pada akhirnya saya kembali di fungsikan ke jobdesk semula yaitu penata madya pelayanan untuk program JKK
Tanpa terasa hari berlalu dan berbagai pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan dari rekan kerja. pada akhirnya saya kembali di fungsikan ke jobdesk semula yaitu penata madya pelayanan untuk program JKK
Menjadi penata madya pelayanan mempunyai jobdesk meneliti layak atau tidaknya berkas pengajuan klaim, dari peserta.. Sampai ke penetapan klaim. Supaya klaim dapat dibayarkan oleh bidang keuangan ke peserta..menjalin kerjasama dengan pihak layanan kesehatan, sosialisasi program dsb.
Saya yang di fungsikan untuk menjadi verifikator klaim kecelakaan kerja.. Cukup merasa tertantang dengan tumpukan berkas klaim yang sudah menggunung, berhubung wilayah kepesertaan kantor cabang bogor cileungsi adalah kawasan pabrik . Dengan tingkat resiko kecelakaan kerja yang lumayan banyak setiap harinya. Berbeda dengan kantor cabang yang di jakarta. Pesertanya banyakan Dbekerja di kantoran yang resiko kecelakaan kerjanya sangat ringan. Bahkan mungkin kecelakaan kerjanya perhari hanya hitungan jari.
Berlahan tapi pasti dengan bimbingan senior ibu Asri yang sangat asik dan baik (seperti mami gw aja.). saya belajar banyak hal mulai memahami prinsip-prinsip dan tehnik-tehnik menjadi verifikator klaim kecelakaan kerja.. Walau awalnya hanya memproses klaim yang puluhan sampai ratusan ribu.
Namun sebulan berlalu, saya rasa sudah harus berlaku profesional dan harus mampu mengembang tugas dan tanggung jawab..denga. Baik..
terakhir saya punya klaim reimburst JKK total 1,2 M untuk klaim 2 org saja itu.. ampun dah mata ku kunang-kunang juga. verifikasinya, tapi tetap stay cool dan tantangan memang harus dihadapi tanpa ada rasa terbeban.
oh ya selama OJT diwajibkan mengakuisisi Minimal 20 perusahaan baru loh, dan target itu sudah saya capai dibulan April 2017.
terakhir saya punya klaim reimburst JKK total 1,2 M untuk klaim 2 org saja itu.. ampun dah mata ku kunang-kunang juga. verifikasinya, tapi tetap stay cool dan tantangan memang harus dihadapi tanpa ada rasa terbeban.
oh ya selama OJT diwajibkan mengakuisisi Minimal 20 perusahaan baru loh, dan target itu sudah saya capai dibulan April 2017.
bagisaya pribadi apapun yang sudah saya lalui sangat berarti dan sangat bermamfaat bagi saya... Semoga pengalaman dan tantangan ini menjadi bekal yang baik dikemudian hari, dan tetap yakin dengan rancangan yang sudah disiapkan buat saya, sekarang saya semakin sungguh-sungguh menjalani pekerjaan saya, dengan tanggung jawab, jujur, amanah dan dapat dipercaya.
Selanjutnya biarlah Tuhan yang berkarya dalam hidup saya.
Singkat cerita saya sudah menjalani proses OJT sekitar 8 bln.. Bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan, untuk kesejahteraan karyawan BPJS Ketenagakerjaan saya lihat cukup baik dan ketika anda berada diposisi saya saat ini semangat guys & welcome to BPJS Ketenagakerjaan.
Ada tantangan dalam dunia kerja, berupa pergesekan karakter suka duka pasti ada namun itu adalah sekolah kehidupan yang akan menempa kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. bagi saya hidup itu harus punya tujuan dan tujuannya harus realitis, terukur dan konsisten, apapun yang berusaha menghambat tetaplah menjadi diri sendiri, selalu semangat dalam mengemban tugas tanpa terbeban, karna jika kamu sudah ditahap ini itu bukanlah kebetulan atau sekedar keberuntungan, melainkan anugrah yang harus selalu disyukuri dan dipertanggung jawabkan, . Oleh karena itu sebaik-baiknya harus menikmati dan mensyukuri setiap detik nafas dan pengalaman yang saya dapatkan.
SALAM PRIMA
SALAM PRIMA
Ivan.... it's nice sharing... Work is never ending study... keep your passion... and you'll be a great leader and success.
BalasHapusbang mau tanya dari opk ke ojt berapa hari waktu nunggunya?
BalasHapusSaya 3 bln mas. Karna kebetelan dpt gelombang opk yg kedua..
HapusMohon infonya utk penempatan itu pas OPK Jobbased atau wktu masa percobaan (calon karyawan) ? Trimakasih
BalasHapusojt (on job training) setelah selesai opk classed based nanti akan di tempatkan ke seluruh indonesia,, selesai ojt 6 bulan selanjutnya 6 bulan disebut calon karyawan (masa percobaan) dan selanjutnya pengangkatan karyawan tetap dimana penenmpatannya hanya sdm yang tau,, based pengalaman dan cerita senior hampir 90 persen ditempatkan ditempat dia ojt
HapusMas, kalo akomodasi nya gimana mas? Ojt udah dapat gaji ya?
BalasHapusOh ya, pengumuman ojt kan 3 bulan nungguin gelombang2 yang lain. Misalnya penempatan ojt jauh, itu di kasih uang transportasi ga mas?
Akomodasi selama opk dari panitia transport biaya sendiri, selama ojt akomodasi dan transfort tanggung sendiri dan kita sudah di gaji..
HapusGaji nya pas ojt boleh tau kak berapa kisaran nya?
BalasHapus